Tuesday, October 30, 2012

nasionalisme

kini jargon lebih mendominasi istilah nasionalisme. seolah dengan mengibarkan bendera merah putih di meja kerja, maka sudah lengkap taraf nasionalisme sesorang. namun, nasionalisme aksi lebih menunjukkan nilai.

nasionalisme itu bisa berupa apapun, termasuk pabrik. pebrik beserta sekelompok manusia yang berusaha mengibarkan merah putih di plabtika manufaktur. semesta manufaktur tidaklah seramah yang kau bayangkan. tidak ada yang perlu disesali ketika ternyata pabrik itu kini menjadi rimba rumput dan tidak berfungsi lagi. apapun, yang telah dilakukan demi pabrik itu --atas nama nasionalisme-- bisa menjadi warisan ceritera.

ketika ceritera leluhur berperang melawan penjajah, ketika berjuang melawan kolonialisme. dan semoga anak bisa mendengar ceritera heroisme pabrik, nasionalisme pabrik. semoga kisah heroik ini tidak putus, karena --atas nama nasionalisme-- bisa menjadi warisan ceritera.

yang perlu dicamkan adalah, setiap heroisme pastilah membutuhkan pengorbanan. adalah bohong belaka berbicara soal nasionalisme tetapi itu keberuntungan undian. itu bohong belaka.

No comments:

Post a Comment