Tuesday, July 7, 2015

sing penting ngeyel ndisik

politik kantoran itu seperti kalo ada orang naik kendaraan, trus senggolan dijalanan.... biarpun jelas - jelas salah, yang penting ngeyel duluan.

ini suatu kisah kecil. suatu hari senin pagi,  seorang karyawan sebut saja di z, mendatangi meja saya, hendak meminjam mobil operasional, katanya untuk mengambil bingkisan anak yatim. kunci saya berikan, dan saya tau, mobil itu take off dari parkiran kantor sekitar waktu dzuhur. saya tidak tau siapa saja yang berada di dalam mobil itu.

sore hari, si o datang ke meja kerja saya, mengembalikan kunci mobil, bukan si z lho ya. sambil bilang kalo make duit receh. no problem bagi saya.

saatnya saya pulang. kebiasaan saya, karena saya sering memarkir mobil dalam keadaan gigi masuk, mangkanya sebelum start saya selalu perhatikan dashboard dan posisi persneling. saat itu saya tau, bahwa posisi stok bensin menurun satu strip. artinya, mobil ini berjalan sekitar 30 km tanpa ada pengisian bensin. atau berjalan lebih dari itu dengan mengisi sedikit bbm. kebetulan saya tidak hafal posisi odometer.

hari selasa sore, saya bertanya ke relasi z, namanya p. kepada p saya tanyakan apakah tidak ada budget bensin dalam rangka acara anak yatim ?
p menjawab ada.
trus saya tanya lagi,"mengapa bensin mobil saya tidak diisi ?".
yang mengejutkan adalah jawaban si p,"lho... pas mengambil bingkisan anak yatim itu ga pake mobil anda...".
lha jelas saya jadi bingung, trus nanya," lha yang pergi pake mobil saya siapa kemaren ? pamit pinjemnya kan buat bingkisan yatim ?".
p bilang bahwa yang pergi kemungkinan adalah si o," dia ngambil takjil. kalo untuk urusan takjil memang gak ada budget bensin..."
p melanjutkan,"o iya,... saya baru inget, kemaren tukar mobil, supaya mobil bapak gak kelamaan dipake, jadi dipake buat ngambil takjil saja yang deket sini...".
"deket dimana ?"
"dibelakang sini..."
"lha.. kalo deket tentunya gak perlu berangkat jam 12 siang, toh takjil itu buat jam 5. dan lagi gak perlu habis bensin satu strip... satu strip itu identik 30 km lho...", papar saya. 

dalam hal ini saya jelaskan bahwa saya sebetulnya pengen kejujuran dalam hal prosedur ijin pinjam mobil, untuk apa, kemana, siapa, dll. saya jelas ga suka kalo mobil kantor bilangnya buat urusan kantor, tetapi ternyata --misalnya-- dipake buat plesir berenang,...misalnya gitu.

"..wah..kalo itu saya gak tau...", p pasrah.

hari rabu pagi, dengan cemberut, si o mendatangi meja saya sambil memberikan duit 50 ribu, katanya sebagai pengganti bensin. lantas pergi begitu saja, seakan dalam kasus ini saya yang salah.

ya begitulah politik kantoran. yang salah, biarpun salah, ngeyel duluan. merasa benar. memang ga ada proses ngeyel mengeyel disini, tapi, yang ada adalah proses 'merasa benar', padahal posisinya salah. wis mbuhlah rek... diajari kerjo sing bener kok ora gelem, yo uwis...

No comments:

Post a Comment